KM (Kapal Motor) Karamando Tenggelam di Perairan Jailolo Halamahera

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter

Jakarta, DUNIA LANGI.

Masih di DUNIA LANGIT....
Kali Ini DUNIA LANGIT akan Share tentang :
"KM (Kapal Motor) Karamando Tenggelam di Perairan Jailolo Halamahera"

   Langsung Aja Simak Informasinya :
KM (Kapal Motor) Karamando Tenggelam di Perairan Jailolo Halamahera
KM (Kapal Motor) Karamando Tenggelam di Perairan Jailolo Halamahera
    Kecelakaan kapal penumpang kembali terjadi di perairan Indonesia. Kapal Motor (KM) Karamando yang berangkat dari Pelabuhan Dufadufa, Ternate Utara, tujuan Jailolo, Ternate, Siang tadi tenggelam di perairan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Kamis (29/12/2016).

   Akibat peristiwa ini, 4 dari 70 penumpang kapal dinyatakan meninggal dunia. Dugaan sementara kapal tenggelam karena mengalami kebocoran di badan kapal dan cuaca buruk yang melanda daerah itu beberapa pekan terakhir ini, mesin kapal sempat mogok selama kurang lebih 4 jam. Cuaca  buruk yang melanda daerah tersebut mengakibtkan Gelombang setinggi 4-5 meter setelah meninggalkan pelabuhan sekitar pukul 11.50 Wita.

    Menurut keterangan dari pihak Basarnas dan BNPB setempat, setelah mendapatkan informasi adanya kecelakaan kapal, petugas kemudian meluncur ke lokasi. Dibantu dengan warga sekitar
 


   Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Hendry Badar menjelaskan, berdasarkan keterangan korban selamat Irma Gani (35) bahwa sekitar pukul 09.30 WIT, KM Karmando yang di Nakodai La Musa (41), bertolak dari pelabuhan Dufa-Dufa, Kota Ternate menuju ke pelabuhan Jailolo, Halmahera Barat.
Selama dalam perjalanan Kapal KM. Karmando mengalami beberapa kali gangguan pada mesin kapal sehingga posisi kapal terapung dan hanyut di bawa ombak, dan pada akhirnya tepat di depan perairan Desa Tauro Kecamatan Jailolo kapal tersebut pada bagian papan belakang atau tepatnya di bagian mesin kapal terlepas akibat di hantam oleh ombak dengan ketinggian gelombang mencapai 3 meter mengakibatkan air masuk ke dalam kapal.

   "Dengan kejadian tersbut Nakoda Kapal Karmando La Musa memerintahkan kepada seluruh penumpang untuk segerah memakai pelampung dan melompat keluar meninggalkan kapal," ujarnya, Kamis (29/12/2016).

   Sekira pukul 12.30 WIT, datang bantuan yang terdiri dari kapal Basarnas Ternate 1 unit, speed boat Basarnas Kabupaten Halmahera Barat 1 unit, speed boat BPBD Halmahera Barat 1 unit, speed boat kepolisian 1 unit dan 5 unit speed boat penumpang.

   Saat tiba di TKP, kapal-kapal tersebutmelakukan upaya pertolongan terhadap para penumpang yang sementara terapung di laut. Seluruh penumpang baik tewas maupun selamat selanjutnya dibawa ke

   RSUD Jailolo untuk identifikasi maupun mendapatkan pertolongan pertama.
Hingga pukul 20.00 WIT, upaya penyelematan serta evakuasi para penumpang berakhir dengan total jumlah penumpang yang berhasil diselamatkan sesuai data Syahbandar Jailolo sebanyak 110 orang.

Berikut adalah Beberapa Foto Korbang Tenggelamnya KM (Kapal Motor) Karamando :
Foto Korban KM (Kapal Motor) Karamando Tenggelam di Perairan Jailolo Halamehera



Korban Evakuasi KM (Kapal Motor) Karamando Tenggelam


Foto Korban Evakuasi KM (Kapal Motor) Karamando Tenggelam





Sekian Informasi dari DUNIA LANGIT
Jangan Lupa Share... And Like Fp, G+, IG Kami
See You Again In DUNIA LANGIT

About the author

author
UnknownRealase at

Nothing

0 comments

Comment Now