10 Sumber Energi Listik yang Menerangi Rumahmu | Wajib Baca

By , 7 Comments
Share on Facebook Tweet on Twitter

Jakarta, DUNIA LANGIT

Masih di DUNIA LANGIT. Kali ini DUNIA LANGIT akan Bahas Tentang :
"10 Sumber Energi Listik yang Menerangi Rumahmu"

10 Sumber Energi Listrik yang Menerangi Rumahmu
   Listik memang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Listrik telah menjadi sumber energi utamadalam kegiatan manusia baik di rumah tanggan maupun industri. Mulai dari barang-barang elektornik, peralatan dapur hingga mesin-mesin pabrik bahkan hingga pesawat terbang, semua pasti memerlukan listrik.

Energi listrik ini biasanya diperoleh dari mengubah energi kinetik melalui generator menjadi listrik. Selain itu, energi listrik bisa diperoleh dari bannyak sumber, contohnya seperti sampah.

Berikut 10 Sumber Energi Listik yang Menerangi Rumahmu :

1. Nuklir
   Energi Nuklir masih menjadi sumber energi yang paling padat dari semua energi di alam ini yang bisa dikembangkan manusia. Artinya, kita dapat mengesktrak lebih panas dan listrik dari jumlah yang diberikan dibanding sumber lainnya.

   Sebagai pembanding, 1 Kg (KiloGram) Batu Bara dan uranium yang sama-sama berasal dari perut bumi. Jika kita mengekstrak (Mengisi) energi listrik dari 1kg Batu Bara, maka kita bisa nyalain lampu 100W selama 4 hari, tetapi dengan 1kg Uranium bisa menggunakan lampu paling sedikit 180 Tahun.,

   Tentu saja segala sesuatu ada sisi postif dan ada sisi negatif, termasuk sumber energi Nuklir ini. Dampak dari negatifnya adalah apabila sampai terjadi kebocoran atau kecelakaan dari reaktor Nuklir, maka akan terjadi bencana besar akibat dari radio aktif yang bisa membunuh manusia. Karena itu perlu perhatian yang cukup serius untuk Pengawasan Nuklir

2. Minyak
   Minyak digunakan sebagai bahan bakar pada Pembangkit Listtrik Tenaga Diesel (PLTD) dan banyak ditemukan di indonesia. Hanya saja, sistem penghasil energi listrik ini menimbukan limbah asap yang menyebabkan Polusi Udara. ditambah lagi minyak masuk dalam kategori sumber energi yang tidak bisa diperbaharui.

3. Energi Gelombang
   Energi lainnya adalah pemanfaatan Gelombang Laut yang pasang. Penggunaan Energi ini memang tidak merusak lingkungan. Tapi memanfaatkan Energi Gelombang Laut ini membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk membangun reaktornya. Selain itu kecepatan Ombak yang tidak stabil juga menjadi salah satu faktor kendala.

4. Sumber Energi Angin.

   Sumber Energi Angin ini sekali tidak membutuhkan bahan bakar karena berasal dari angin. Kecepatan angin menentukan seberapa daya yang dihasilkan. Untuk menggunakan Pembangkit ini memerlukan angin yang kencang agar dapat tercipta energi yang besar pula.

5. Hidro Elektrik

   Hidro Elektrik atau yang biasa dikenali dengan Energi Bendungan. Jadi energi beendungan itu nantinya yang memutar turbin dan merupakan energi yamg tidak terbatas dan memanfaatkan energi air menjadi energi listrik. Hidro Elektrik atau Energi Bendingan memiliki resiko yang mengakibatkan terjadinya banjir.

6. Batu Bara
   Di indonesia Batu Bara sangatlah mudah ditemukan. Batu Bara Memiliki banyak manfaat, salah satunya menjadi listrik. Tapi negatif dari pemakaian Batu Bara ini adalah butuh lubang yang besar untuk bisa memanfaatkan batu bara dan mungkin bisa memiliki biaya yang besar serta tempat yang memadai. Hasil dari pembakaran Batu Bara menimbulkan asap yang menyebabkan Polusi udara.

7. Tenaga Surya
 
Tenaga Surya adalah energi yang tak terbatas. Tenaga Surya juga bisa digunakan sebagai sumber Listrik. Tetapi Tenaga Surya ini memerlukan biaya yang mahal untuk membangun reaktornya. Tenaga Surya juga memiliki hambatan apabila faktor cuaca

8. Energi Pasang Surut

 

   Energi Pasang Surut dihasilkan dari Pasang Surutnya air laut dan menjadikan energi listrik. Energi ini adalah salah satu energi yang terbaru dan relatif lebih mudah dari pada energi surya atau energi angin. Pemanfaatannya untuk saat ini masih belum luas karena tingginya biaya dan terbatasnya lokasi yang memiliki pasang surut yang mencukupi.

9. Biomassa


   Biomass adalah bahan organik dihasilkan dari fontosintetis, baik produk maupun buangan. Contohnya seperti ubi, rumput, kontoran ternak, pepohonan, tinja, sampah pertanian, limbah, dll. Selain digunakan untuk tujuan primer serat, bahan pangan, pakan ternak, bahan bangunan, dll. Biomassa digunakan juga sebagai Sumber Energi Listrik. WoooW!!!

   Bahkan Sampa pun bisa menjadi Sumber Energi Listrik lho!!!... Seperti yang dikembangkan oleh GE dengan PLN. Saat ini GE bekerjasama dengan PLN untuk membangun Pusat Tenga Listrik Biomassa yang diberi nama Biomass yang menggunkan serpihan kayu bakar dengan memakai teknologi Jenbacher.
   Tekonologi ini mampu menghasilkan listrik dengan pemanfaatan berbagai limbah Gas Landfill, Sewaga Gas, dan Gas Methana Batu Bara. Lebih dari 700 mesin gas GE menghasilkan 500 Megawatt Listrik di berbagai tempat di indonesia. Sejak tahun 2015 GE berhasil memberikan kontribusinya sebanyak 30% Tenaga Listrik untuk Indonesia

10. Energi Panas Bumi
   Panas Bumi bisa dijadikan sebagai sumber energi listrik. Kelebihan dari Pansa Bumi adalah tidak pernah habis. Hal inilah yang membedakannya dari Energi Minyak dan Energi Batu Bara. Sayangnya, tidak banyak tempat yang bisa dibangun untuk menghasilkan energi Panas Bumi.

Sekian Informasi dari DUNIA LANGIT
Jangan Lupa Share... And Like Fp, G+, IG Kami
See You Again In DUNIA LANGIT


About the author

author
UnknownRealase at

Nothing

7 comments

                Comment Now